Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Lagu Nostalgia yang Mengingatkan Kita Tentang Bulan Ramadhan

 

4 Lagu Nostalgia yang Mengingatkan Kita Tentang Bulan Ramadhan

SRAWUNGBulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Biasanya dalam bulan Ramadhan identik dengan lagu-lagu yang turut menambah kental nuansa bulan suci.

Dengan mendengarkan lagu, puasa menjadi lebih berwarna dan lebih bersemangat. Bahkan beberapa lagu mengingatkan kita tentang nostalgia masa lampau. Di kepala kita lagu-lagu tersebut pasti akan menjadi hal pertama yang kita ingat. Tidak peduli tahun berapa lagu tersebut rilis, pasti jika mendengar nada dari lagu tersebut otak kita akan mengingat bulan suci Ramadhan.

Langsung saja berikut 4 lagu nostalgia yang mengingatkan kita tentang bulan suci Ramadhan.

Ya Maulana – Sabyan

Single pertama dari Sabyan ini langsung meledak pada saat hari perilisannya tepat satu minggu setelah puasa hari pertama tahun 2018. Lagu ini menjadi trending di Youtube selama berminggu-minggu. Bahkan para penyanyi lain berbondong-bondong meng-cover lagu Ya Maulana ini.

Lagu yang ditulis dan diaransemen oleh Ayus Sabyan ini menjadi top playlist di beberapa platform musik online. Diputar berulang-ulang di televisi dan radio-radio seluruh Indonesia. Mendapat penghargaan AMI Awards dalam kategori karya produksi lagu berlirik spiritual islami terbaik. Nama sang vokalis, Nissa Sabyan langsung melambung tinggi. Dan kini lagu tersebut sudah ditonton sebanyak 375 juta lebih di kanal Youtube Sabyan.

Dengan begitu banyak pencapaian, tak pelak lagu Ya Maulana karya Sabyan ini selalu diingat pada saat memasuki bulan puasa.

Si Udin Bertanya – Wali Band

Masih ingat dengan sinetron 3 Semprul Mengejar Surga yang tayang di SCTV di kisaran tahun 2013? Kalau masih ingat, pasti kalian familiar dengan soundtrack sinetron tersebut. Benar, lagu dari Wali Band, yang hampir pasti setiap bulan Ramadhan selalu merilis lagu bernuansa islami.

Selain liriknya yang sederhana dan mendidik, lagu tersebut juga sangat mudah diterima oleh telinga. Bawaannya adem kalau mendengarkan. Terlebih sinetron 3 Semprul Mengejar Surga yang dahulu tayang setiap sahur membuat memori kita akan tertuju pada lagu ini jika mengingat bulan puasa.

Satu kalimat paling indah dari lirik lagu Si Udin Bertanya diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 201 yang berbunyi, “Robbana atina fidun'ya khasanah, wafil akhiroti khasanah, waqina adza bannar.” (Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka).

Rindu Muhammadku – Haddad Alwi & Vita

Siapa yang tidak tahu karya Haddad Alwi ini? Lagu yang dirilis tahun ini 2010 ini sangat mengetuk hati yang paling dalam. Tentang kerinduan kepada Nabi Muhammad saw. Entah mengapa setiap di bagian vokal anak kecil rasanya hati selalu berdebar. Seperti seseorang yang benar-benar merindukan Rasulullah saw.

Dahulu mendengarkan lagu ini seperti biasa saja. Hanya lagu islami pada umumnya. Namun sekarang ketika lagu ini diputar rasanya seperti nostalgia mengingat kenangan puasa semasa kecil. Waktu berjalan secepat itu.

Tidak banyak yang bisa dideskripsikan dari lagu ini. Pokoknya benar-benar masuk ke dalam hati. Apalagi kalau mendengarkannya menggunakan earphone. Luruh sudah hati oleh tiap-tiap lirik. The best song from Haddad Alwi.

Ramadhan Tiba – Opick

Walaupun pertama dirilis tahun 2008, lagu Ramadhan Tiba selalu menjadi lagu yang menjadi jaminan diputar pada setiap bulan puasa. Bahkan lagu ini menjadi lagu paling identik dengan bulan suci Ramadhan.

Di TikTok maupun di Instagram lagu ini seolah menjadi starting point menjelang datangnya bulan puasa. Pokoknya kalau lagu ini sudah berseliweran di beberapa media sosial maka tanda-tanda satu Ramadhan semakin dekat.

Fakta menarik lainnya ialah lagu ini menjadi lagu paling banyak diparodikan untuk menyambut datangnya bulan suci. Di media sosial, lirik awalnya biasa dibolak-balik sebagai bahan lucu-lucuan oleh para netizen.

Demikian 4 lagu nostalgia yang mengingatkan kita tentang bulan Ramadhan. Semoga kita semua bisa menjalani hari-hari di bulan puasa dengan kegiatan bermanfaat dan selalu bahagia. Aamiin.

Posting Komentar untuk "4 Lagu Nostalgia yang Mengingatkan Kita Tentang Bulan Ramadhan"